BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dibahas
dapat disimpulkan bahwa dari pembelajaran matapelajaran bahasa Arab anak dapat
disimpulkan sebagai berikut :
1. Penggunaan metode yang brfariasi dapat
meningkatkan kemampuan pembelajaran anak
yang pada dasarnya mempunyai tujuan sebagai perangsang kemampuan pembelajaran
bahasa Arab anak. Pada kegiatan pembelajaran, di MI Al Hidayah Plelen Gringsing Batang
dalam mengembangkan kemampuan berbahasa arab anak menggunakan metode yang
berfariasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya.
2. Penggunaan metode yang berfariasi sangat efektif untuk mendorong peningkatan
kemampuan pembelajaran bahasa Arab, karena pada kegiatan pembelajaran bahasa
Arab tersebut terdapat hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran anak yaitu
keaktifan dalam proses pembelajaran kemampuan berbahasa Aarab yang digunakan
dengan baik. Kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak MI Al Hidayah Plelen Gringsing Batang
mengalami peningkatan. Pra siklus sebanyak 33% dilanjutkan, Siklus 1 sebanyak
54% dan di teruskan siklus 2 sebanyak 87%. Terbukti bahwa setelah diterapkannya metode yang berfariasi
dalam pembelajaranya ada peningkatan yang siknifikan. Hal ini merupakan suatu
cara yang sederhana untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran bahasa Arab
anak.selain itu dapat dilihat dari pra siklus anak yang lulus ada 8 anak, di
siklus I menjadi 13 anak yang lulus dan di siklus II terlihat meningkat
siknifikan yaitu 21 anak yang lulus. Kalau di lihat dari nilai rata-rata juga
meningkat di pra siklus hanya 55 dan di siklus I menjadi 66 dan dilanjut ke
siklus II meningkat menjadi 77 pada MI
Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran
2013/2014.
3. Ketrampilan guru dalam mengajar dan
kreatifitas serta inovasi guru dalam menyajikan kegiatan pembelajaran akan
berpengaruh terhadap kemampuan pembelajaran bahasa Arab pada MI Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran
2013/2014.
B.
Saran-saran
1. Para guru hendaknya dapat meningkatkan
kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak melalui metode-metode yang bervariatif
2. Kepada guru, khususnya guru pada MI
Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran
2013/2014 agar menggunakan metode yang
berfariatif di setiap proses pembelajarannya dan diupayakan menggunakan alat
peraga agar pelajaran terasa menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan
kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak.
3. Bagi kepala sekolah, hendaknya selalu
mendukung dan mendorong para guru untuk selalu berkreatifitas dan berinovasi
dalam memnggunakan metode-metode pembelajaran dan alat – alat peraga yang lebih
menarik lagi sehingga aak-anak didiknya dalam proses pembelajaran merasa senang
tidak bosan sehingga hasil pembelajaran pun tercapai sesuai tujuan pembelajaran
yang telah direncanakan.
4. Metode yang berfariatif ini dapat
dikembangkan menjadi lebih menarik lagi sesuai dengan kondisi dan situasi serta
tingkat perkembangan kelas dan kemampuan sekolah.
5. Hasil dari penelitian ini pertama dilakukan
pra siklus yang hasilnya hanya 33% , masih sngat kurang dari kata baik, dilakukanlah
siklus I dan hasilnya 54% itu pun boleh dikatakan kurang, maka dilakukanlah penelitian lanjutan
yaitu siklus II yang hasilnya sangat memuaskan yaitu 87%, sudah dikatana baik
dan selalu naik dengan siknifikan si setipa siklusnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar