Jumat, 03 April 2015

contoh penulisan skripsi

BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dari pembelajaran matapelajaran bahasa Arab anak dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Penggunaan metode yang brfariasi dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran  anak yang pada dasarnya mempunyai tujuan sebagai perangsang kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak. Pada kegiatan pembelajaran, di MI Al Hidayah Plelen Gringsing Batang dalam mengembangkan kemampuan berbahasa arab anak menggunakan metode yang berfariasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya.
2.      Penggunaan metode yang berfariasi  sangat efektif untuk mendorong peningkatan kemampuan pembelajaran bahasa Arab, karena pada kegiatan pembelajaran bahasa Arab tersebut terdapat hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran anak yaitu keaktifan dalam proses pembelajaran kemampuan berbahasa Aarab yang digunakan dengan baik. Kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak MI Al Hidayah Plelen Gringsing Batang mengalami peningkatan. Pra siklus sebanyak 33% dilanjutkan, Siklus 1 sebanyak 54% dan di teruskan siklus 2 sebanyak 87%. Terbukti bahwa  setelah diterapkannya metode yang berfariasi dalam pembelajaranya ada peningkatan yang siknifikan. Hal ini merupakan suatu cara yang sederhana untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak.selain itu dapat dilihat dari pra siklus anak yang lulus ada 8 anak, di siklus I menjadi 13 anak yang lulus dan di siklus II terlihat meningkat siknifikan yaitu 21 anak yang lulus. Kalau di lihat dari nilai rata-rata juga meningkat di pra siklus hanya 55 dan di siklus I menjadi 66 dan dilanjut ke siklus II meningkat menjadi 77 pada MI Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran 2013/2014.
3.      Ketrampilan guru dalam mengajar dan kreatifitas serta inovasi guru dalam menyajikan kegiatan pembelajaran akan berpengaruh terhadap kemampuan pembelajaran bahasa Arab pada MI Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran 2013/2014.
B.     Saran-saran
1.      Para guru hendaknya dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak melalui metode-metode yang bervariatif
2.      Kepada guru, khususnya guru  pada MI Al Hidayah Plelen Gringsing kabupaten batang Tahun ajaran 2013/2014 agar menggunakan metode yang berfariatif di setiap proses pembelajarannya dan diupayakan menggunakan alat peraga agar pelajaran terasa menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran bahasa Arab anak.
3.      Bagi kepala sekolah, hendaknya selalu mendukung dan mendorong para guru untuk selalu berkreatifitas dan berinovasi dalam memnggunakan metode-metode pembelajaran dan alat – alat peraga yang lebih menarik lagi sehingga aak-anak didiknya dalam proses pembelajaran merasa senang tidak bosan sehingga hasil pembelajaran pun tercapai sesuai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
4.      Metode yang berfariatif ini dapat dikembangkan menjadi lebih menarik lagi sesuai dengan kondisi dan situasi serta tingkat perkembangan kelas dan kemampuan sekolah.
5.      Hasil dari penelitian ini pertama dilakukan pra siklus yang hasilnya hanya 33% , masih sngat kurang dari kata baik, dilakukanlah siklus I dan hasilnya 54% itu pun boleh dikatakan  kurang, maka dilakukanlah penelitian lanjutan yaitu siklus II yang hasilnya sangat memuaskan yaitu 87%, sudah dikatana baik dan selalu naik dengan siknifikan si setipa siklusnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar